Loading Components..

Jadwal Akreditasi

JADWAL PELAKSANAAN AKREDITASI PROGRAM STUDI

Jadwal Pengajuan Akreditasi Program Studi Reguler

Jadwal pelaksanaan pengajuan akreditasi PS dibawah LAM Teknik terbagi dalam 3 batch pertahun dengan rincian:

1. Batch 1 : Minggu ke-1 bulan Januari – Minggu ke-3 bulan April (15 Minggu)

  • Pendaftaran, Pengunggahan Dokumen Akreditasi dan Pelunasan Akreditasi (1 – 14 Januari)
  • Penawaran Asesor (15 – 31 Januari)
  • Asesmen Kecukupan (1-14 Februari)
  • Asesmen Lapangan (15 Februari – 7 Maret)
  • Penerbitan Hasil Peringkat Akreditasi (21 April)

2. Batch 2 : Minggu ke-1 bulan Mei – Minggu ke-3 bulan Agustus (15 Minggu)

  • Pendaftaran, Pengunggahan Dokumen Akreditasi dan Pelunasan Akreditasi (1 – 14 Mei)
  • Penawaran Asesor (15 – 31 Mei)
  • Asesmen Kecukupan (1 – 14 Juni)
  • Asesmen Lapangan (15 Juni – 7 Juli)
  • Penerbitan Hasil Peringkat Akreditasi (21 Agustus)

3. Batch 3 : Minggu ke-1 bulan September – Minggu ke-3 bulan Desember (15 Minggu)

  • Pendaftaran, Pengunggahan Dokumen Akreditasi dan Pelunasan Akreditasi (1 – 14 September)
  • Penawaran Asesor (15 – 30 September)
  • Asesmen Kecukupan (1 – 14 Oktober)
  • Asesmen Lapangan (15 Oktober – 7 November)
  • Penerbitan Hasil Peringkat Akreditasi (21 Desember)

Jadwal Akreditasi

Keterangan:

  1. Tidak ada maksimal waktu pendaftaran akreditasi dengan masa habis akreditasi prodi, prodi dapat menyesuaikan pengajuan akreditasi dengan jadwal yang tersedia.
  2. Pendaftaran akun UPPS dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  3. LAM Teknik akan menerbitkan Surat Keputusan Peringkat Akreditasi Sementara bagi PS yang telah mendaftar dan melakukan pelunasan bagi prodi yang masa akreditasinya habis pada batch terdaftar.
  4. Surat Keputusan Peringkat Akreditasi Sementara hanya diberikan satu kali dan berlaku sejak habisnya masa akreditasi hingga peringkat hasil akreditasi keluar pada akhir batch terdaftar.
  5. Selengkapnya tentang jadwal akreditasi di sini

Jadwal Pengajuan Akreditasi Minimum
Pengajuan Akreditasi Minimum untuk program studi baru dapat dilakukan sewaktu-waktu
Selengkapnya terkait pengajuan akreditasi minimum dapat diakses pada link berikut : di sini

Jadwal Pelaksanaan Penyetaraaan Akreditasi Internasional
Sehubungan dengan terbitnya Kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (Permendikbudristek no.53 tahun 2023) dan Peraturan BAN-PT Nomor 10 TAHUN 2023 Tentang Pelaporan Status Terakreditasi Oleh Lembaga Akreditasi Internasional Yang Dimiliki Progam Studi(PerBAN-PT No.10 Tahun 2023), LAM Teknik tidak dapat lagi menerima penyetaraan pengajuan penyetaraan peringkat Akreditasi Unggul untuk program studi yang memiliki status terakreditasi dari lembaga akreditasi internasional.
Selengkapnya mengenai peraturan PM no.53 tahun 2023 dan PerBAN-PT No.10 Tahun 2023 : di sini


Jadwal Pengajuan Banding Terhadap Hasil Akreditasi
Jadwal pelaksanaan banding terhadap peringkat akreditasi PS dibawah LAM Teknik terbagi dalam 3 batch pertahun dengan rincian:
1. Batch 1 : Minggu ke-1 bulan Januari – Minggu ke-3 bulan April (15 Minggu)
2. Batch 2 : Minggu ke-1 bulan Mei – Minggu ke-3 bulan Agustus (15 Minggu)
3. Batch 3 : Minggu ke-1 bulan September – Minggu ke-3 bulan Desember (15 Minggu)

Batch Banding

Keterangan:
UPPS/PS dapat mengajukan Banding atas keputusan Peringkat Akreditasi pada waktu-waktu sebagai berikut:

  1. Jika proses akreditasi dilakukan pada batch 1 dimana penyampaian akreditasi dilakukan pada minggu 3 bulan April, maka UPPS/PSdapat mengajukan Banding pada batch 3 mulai minggu 1 bulan September. Prosedur Banding untuk seterusnya akan dilaksanakan sesuai ketentuan LAM Teknik.
  2. Jika proses akreditasi dilakukan pada batch 2 dimana penyampaian akreditasi dilakukan pada minggu 3 bulan Agustus, maka UPPS/PS dapat mengajukan Banding pada batch 1 mulai minggu 1 bulan Januari. Prosedur Banding untuk seterusnya akan dilaksanakan sesuai ketentuan LAM Teknik.
  3. Jika proses akreditasi dilakukan pada batch 3 dimana penyampaian akreditasi dilakukan pada minggu 3 bulan Desember, maka UPPS/PS dapat mengajukan Banding pada batch 2 mulai minggu 1 bulan Mei. Prosedur Banding untuk seterusnya akan dilaksanakan sesuai ketentuan LAM Teknik Ketentuaan lainnya