Loading Components..

Laporan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Layanan LAM Teknik

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi, dosen, mahasiswa, dan masyarakat terhadap layanan akreditasi yang diberikan oleh LAM Teknik. Melalui survei IKM, LAM Teknik berkomitmen untuk menjaga transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan mutu dalam pelaksanaan akreditasi program studi.

Sebagai wujud transparansi, LAM Teknik menyajikan pula laporan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengevaluasi kualitas layanan akreditasi secara realtime. Hasil survei ini menjadi dasar evaluasi dan pengembangan layanan, sehingga dapat menciptakan sistem akreditasi yang lebih berkualitas, terpercaya, dan berkelanjutan. Dengan menyajikan laporan survei secara realtime, LAM Teknik berharap dapat memberikan informasi terbuka, memperkuat kepercayaan pemangku kepentingan, serta memastikan peningkatan kualitas layanan berbasis data yang akurat.

RESPONDEN

Proses akreditasi melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk industri, dunia kerja, perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat. Setiap pihak memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda, yang harus dipenuhi oleh program studi teknik agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan tuntutan zaman.

KATEGORI BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN
KATEGORI BERDASARKAN KALANGAN

HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) LAM TEKNIK

Hasil evaluasi survei kepuasan stakeholder/masyarakat pada pelayanan dasar dan tata nilai pelayanan yang dilakukan oleh LAM Teknik bertujuan untuk memahami sejauh mana pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan dan kebutuhan stakeholder/masyarakat. Selain itu evaluasi ini juga bermaanfaat untuk: 1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan, 2. Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan, 3. Menyusun Strategi Pengembangan, 4. Memenuhi Standar Pelayanan dan 5. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Adapun nilai persepsi, nilai internal dan konversi serta kinerja mutu layanan sebagaimana dijabarkan pada tabel berikut. 

NILAI INTERVAL KONVERSI (NIK)

KINERJA UNIT PELAYANAN (y)

25,00 – 64,99

Tidak baik

65,00 – 76,60

Kurang baik

76,61 – 88,30

Baik

88,31 – 100,00

Sangat baik

Hasil penilaian survei kepuasan pelayanan baik dari program studi yang telah dilaksanakan proses akreditasi maupun dari masyarakat/mitra kerja sama/pengguna web dan internal organisasi dari website LAM Teknik disajikan dalam bentuk grafik sebagai berikut:

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PELAYANAN LAM TEKNIK
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TATA NILAI LAM TEKNIK
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TATA NILAI PERSONIL LAM TEKNIK
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TATA NILAI RERATA LAM TEKNIK