Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi, dosen, mahasiswa, dan masyarakat terhadap layanan akreditasi yang diberikan oleh LAM Teknik. Melalui survei IKM, LAM Teknik berkomitmen untuk menjaga transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan mutu dalam pelaksanaan akreditasi program studi.
Sebagai wujud transparansi, LAM Teknik menyajikan pula laporan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengevaluasi kualitas layanan akreditasi secara realtime. Hasil survei ini menjadi dasar evaluasi dan pengembangan layanan, sehingga dapat menciptakan sistem akreditasi yang lebih berkualitas, terpercaya, dan berkelanjutan. Dengan menyajikan laporan survei secara realtime, LAM Teknik berharap dapat memberikan informasi terbuka, memperkuat kepercayaan pemangku kepentingan, serta memastikan peningkatan kualitas layanan berbasis data yang akurat.
RESPONDEN
Proses akreditasi melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk industri, dunia kerja, perguruan tinggi, mahasiswa, dan masyarakat. Setiap pihak memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda, yang harus dipenuhi oleh program studi teknik agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan sesuai dengan tuntutan zaman.
HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) LAM TEKNIK
Hasil evaluasi survei kepuasan stakeholder/masyarakat pada pelayanan dasar dan tata nilai pelayanan yang dilakukan oleh LAM Teknik bertujuan untuk memahami sejauh mana pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan dan kebutuhan stakeholder/masyarakat. Selain itu evaluasi ini juga bermaanfaat untuk: 1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan, 2. Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan, 3. Menyusun Strategi Pengembangan, 4. Memenuhi Standar Pelayanan dan 5. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Adapun nilai persepsi, nilai internal dan konversi serta kinerja mutu layanan sebagaimana dijabarkan pada tabel berikut.
NILAI INTERVAL KONVERSI (NIK) | KINERJA UNIT PELAYANAN (y) |
25,00 – 64,99 | Tidak baik |
65,00 – 76,60 | Kurang baik |
76,61 – 88,30 | Baik |
88,31 – 100,00 | Sangat baik |
Hasil penilaian survei kepuasan pelayanan baik dari program studi yang telah dilaksanakan proses akreditasi maupun dari masyarakat/mitra kerja sama/pengguna web dan internal organisasi dari website LAM Teknik disajikan dalam bentuk grafik sebagai berikut: