• Home
  • Artikel
  • Press Release : Sosialisasi Akreditasi Program Studi Teknik di 26 kota di seluruh Indonesia

Press Release : Sosialisasi Akreditasi Program Studi Teknik di 26 kota di seluruh Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email


Sejak 8 Maret 2023 lalu Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM TEKNIK) melakukan kembali sosialisasi Akreditasi Program Studi Teknik di 26 kota di seluruh Indonesia. Program sosialisasi di tahun 2023 ini direncanakan akan berlangsung hingga awal Juni tahun ini. Sosialisasi ini berlangsung dengan bekerja sama dengan 16 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Termasuk 26 kota adalah : Medan, Palembang, Jakarta, Serang, Yogyakarta, Solo Malang, Denpasar, Kendari, Padang, Balikpapan, Ambon, Banda Aceh, Sorong, Kupang, Palu, Bandung, Bogor, Tegal, Jember, Madiun, Lombok, Makassar, Pekanbaru, Banjarmasin dan Pontianak

LAM TEKNIK adalah salah satu lembaga akreditasi yang dibentuk oleh masyarakat dan berfungsi sebagai lembaga penjaminan mutu eksternal. LAM TEKNIK merupakan badan tetap yang bernaung di  bawah Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Penjaminan mutu eksternal untuk Pendidikan tinggi adalah Amanah UU 12 tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi Nasional. Setelah berdiri tahun 2021 melalui Persetujuan Menteri nomor 111125/MPK.A/HK/2021, LAM TEKNIK telah beroperasi melakukan akreditasi sejak bulan April 2022 lalu.

Sebenarnya LAM TEKNIK telah menjalankan lebih dari 30 sosialisasi sejak tahun 2020. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman mengenai Kebijakan, Prosedur, dan Instrumen  akreditasi yang digunakan oleh LAM TEKNIK. Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk berdialog dengan Program Studi Teknik di seluruh Indonesia. Sosialisasi ini dirasakan sangat diperlukan oleh Unit Pengelola Program studi (UPPS) mengingat akreditasi akan sengat menentukan dalam proses belajar mengajar, sekaligus juga menentukan mutu suatu program studi yang merupakan pertanggung jawaban kepada publik sebagaimana yang diharuskan oleh UU 12/2012.

Melalui proses akreditasi, LAM TEKNIK melakukan evaluasi terhadap program studi, yang meliputi  Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja sama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana, dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Penelitian dan Luaran dan Capaian Tridharma. Hal ini penting untuk memastikan bahwa program studi yang ditawarkan di perguruan tinggi memiliki kualitas yang memadai dan relevan dengan kebutuhan industri atau dunia kerja. Selain itu, akreditasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kredibilitas dan reputasi sebuah perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat yang baik dapat menarik minat calon mahasiswa, meningkatkan daya saing, serta mendapatkan dukungan dan pengakuan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan dunia industri.

Setelah beroperasinya LAM Teknik ini maka program studi keteknikan tidak lagi diakreditasi oleh BAN PT.

Scroll to Top