• Home
  • Artikel
  • LLDIKTI Wilayah VI Bersama LAM Teknik Dorong Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

LLDIKTI Wilayah VI Bersama LAM Teknik Dorong Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

`

Peningkatan kualitas mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Jawa Tengah menjadi salah satu upaya yang secara terus menerus dilakukan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bersama Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik), LLDIKTI Wilayah VI menyelenggarakan Workshop Instrumen Akreditasi Program Studi Angkatan 1 Tahun 2023 pada Kamis (9/3) di Kampus II Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta dengan 120 orang peserta dari 60 PTS yang memiliki Program Studi Teknik.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, SH, MH dalam sambutan virtualnya mengatakan bahwa untuk mendorong peningkatan mutu perguruan tinggi dan program studi secara berkelanjutan menghadapi dinamika regulasi pendidikan tinggi yang dinamis diperlukan komitmen yang kuat dari Yayasan, Pimpinan perguruan tinggi, Lembaga Penjamin Mutu, kaprodi, Dosen, tenaga kependidikan serta Mahasiswa.

“Semua elemen harus sadar mutu, harus mengedepankan budaya mutu, SPMI harga mati jika bapak/ibu ingin menjadikan perguruan tingginya berkualitas. Oleh karena itu Bapak/Ibu sekalian, mari kita wujudkan kerja bersama untuk menciptakan PTS yang berkinerja prima, taat azas dan ber-tata kelola baik, sehingga pada saatnya nanti seluruh PTS yang ada di Jawa Tengah mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi baik di tingkat regional, nasional, maupun global,” tegasnya.

Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik, Prof. Dr.-Ing. Ir. Misri Gozan, MTech, IPU, ASEAN. Eng. dalam materinya tentang kebijakan dan prosedur akreditasi LAM Teknik menyampaikan pentingnya akreditasi bagi lulusan Perguruan Tinggi. “Akreditasi penting bagi pengembangan karir lulusan keteknikan dalam rantai nilai keinsinyuran,” jelasnya.

Prof Misri juga menjelaskan tentang akreditasi dalam satu atap yang artinya akreditasi tak perlu berkali-kali. “Sistem LAM Teknik mengacu pada SN Dikti dan Washington Accord (IABEE), jadi apabila sudah terakreditasi oleh IABEE maka akan mendapatkan peringkat Unggul pada status akreditasi nasional LAM Teknik,” ungkapnya.

Selain Prof Mizri, dari LAM Teknik juga hadir Prof. Ir. Markus Hartono, ST, MSc, PhD, IPM. yang menyampaikan tentang petikan pengalaman LKPS Akademik, Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, MEng. yang menyampaikan tentang petikan pengalaman LED Akademik, serta Prof. Dr. Ir. Muhammad Mukhlisin, MT yang menyampaikan petikan pengalaman LKPS dan LED Vokasi. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UTP Prof. Dr. Dra. Winarti, MSi, Wakil Rektor I UTP, Dr. Ir. Suswadi, MSi, serta Ketua Pokja Kelembagaan LLDIKTI Wilayah VI, Siti Nurul Jannah, ST, M.Eng.

    

     

Sumber : LLDIKTI Wilayah VI Bersama LAM Teknik Dorong Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi

Scroll to Top