LAM Teknik Resmi Beroperasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

 

Jakarta – Ditjen Dikti resmi luncurkan peralihan operasionalisasi dari BAN-PT ke Lembaga Akreditasi Mandiri pada Jumat, 31 Desember 2021, melalui daring via Zoom Meeting dan Youtube Streaming. 5 LAM yang diluncurkan secara serentak yaitu LAM Sains Alam dan Ilmu Formal (LAM Sama), LAM Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAM EMBA), LAM Kependidikan, LAM Infokom dan LAM Teknik.

Sebelumnya akreditasi program studi pada perguruan tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT menjadi satu-satunya lembaga akreditasi  bidang pendidikan yang berhak mengakreditasi perguruan tinggi negeri dan swasta, kemudian sesuai dengan amanat Undang-undang Pendidikan Tinggi Nomor 12 tahun 2012 pasal 55. Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh BAN-PT dan akreditasi program studi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). LAM merupakan lembaga mandiri bentukan pemerintah atau lembaga mandiri bentukan masyarakat yang diakui oleh pemerintah atas rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Lembaga akreditasi mandiri dibentuk berdasarkan rumpun ilmu dan/atau cabang ilmu serta dapat berdasarkan kewilayahan.

Sebagai pendahulu LAM PTKes berdiri pada tahun 2014 dan telah resmi beroperasi pada tahun 2015. Kemudian disusul pendirian LAM berikutnya oleh LAM SAMA, LAM Kependidikan, LAM EMBA yang didirikan pada 2 Agustus 2019, LAM Infokom 3 September 2020, dan yang terakhir LAM Teknik pada 18 Februari 2021, baru selanjutnya pada 31 Desember 2021 oleh Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT, Imam Bukhori menyatakan 5 LAM tersebut siap untuk melaksanakan akreditasi program studi kelima LAM dengan terpenuhinya syarat-syarat pelaksanaan akreditasi.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng, selaku dirjen DIkti berharap proses akreditasi oleh LAM menjadi lebih efisien dan tidak terbebani dengan proses administrasi yang panjang, selanjutnya Prof Nizam menambahkan akan diberikan bantuan biaya dari pemerintah kepada perguruan tinggi kecil untuk proses akreditasi sebagai afirmasi peningkatan mutu Pendidikan di Indonesia.

Pelaksanaan akreditasi oleh LAM akan dilaksanakan setelah melewati waktu transisi selama 3 bulan. Selama masa transisi tersebut, BAN-PT masih menerima pengajuan akreditasi hingga 30 Maret 2022, bagi program studi yang masa akreditasinya habis sebelum 31 Juli 2022.

Scroll to Top